Tuesday 18 December 2012

Mengenal UPN “Veteran” Yogyakarta - Bahasa Indonesia


UPN “Veteran” Yogyakarta terletak di jalan Ring Road Utara. Bila dari Monumen 1 Maret, UPN “Veteran” Yogyakarta dapat ditempuh dengan berjalan ke Timur hingga jalan Kusumanegara. Monumen 1 Maret tersebut berada di jalan Malioboro. Setelah sampai di jalan Kusumanegara, ada papan petunjuk arah menunjuk ke arah Utara. Arah Utara itu menuju Balai Kota. Dari Balai Kota, seseorang berjalan menelusuri jalan ke Utara hingga jalan Solo. Rel kereta api menunjukan bahwa jalan yang ditelusuri itu benar. Kemudian terdapat pombensin di sebelah Timur setelah sampai di jalan Solo. Tepat di sebelah pombensin seseorang menuju ke Utara hingga lampu merah. UPN “Veteran” Yogyakarta terletak di sebelah barat lampu merah.

Banyak gedung yang dapat terlihat dari pintu utama UPN “Veteran” yogyakarta. Pintu utama tersebut terletak di sebelah Utara kampus. Pohon Mahoni yang ada di sepanjang jalan Ring Road dapat juga dilihat dari pintu utama. Selain itu, ada gedung Rektorat yang dapat dilihat di Selatan. Gedung Rektorat tersebut tersusun oleh banyak kaca. Gedung dengan bentuk yang unik yaitu gedung Auditorium dapat dilihat di Barat. Gedung Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta dapat terlihat di Timur.
Sejak awal berdiri hingga sekarang, UPN “Veteran” Yogyakarta telah berubah nama sebanyak 3 kali. Perubahan nama tersebut diikuti dengan pergantian struktur organisasi. Sekarang, UPN “Veteran” Yogyakarta dipimpin oleh seorang Rektor bernama Prof. Dr. Ir. Didit Welly Udjianto, M.S.. UPN “Veteran” Yogyakarta dibagi menjadi 5 fakultas yang masing-masing dipimpin oleh seorang Dekan. Dekan dari setiap fakultas antara lain Fakultas Teknologi Mineral dipimpin oleh Dr. Ir. S. Koesnaryo, M.Sc, IPM. Fakultas Teknologi Industri dipimpin oleh Ir. Nur Indrianti, MT., D.Eng. Fakultas Pertanian dipimpin oleh Dr. Ir. Abdul Rizal Az., MP.. Fakultas Ekonomi dipimpin oleh Drs. Sujatmiko, M.Si. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dipimpin oleh Asep Saepudin, S.IP, M.Si.

Unit kegiatan mahasiswa atau disebut UKM UPN “Veteran” Yogyakarta memberikan banyak pilihan kegiatan di luar kegiatan perkuliahan. UKM dapat dipilih sesuai minat. UKM tersebut antara lain sepak bola, futsal, hoki, voli, basket, seni beladiri, dan komunitas-komunitas seperti mapala dan KSR. Semua kegiatan ditujukan kepada mahasiswa yang ingin menyalurkan bakat maupun hobi yang dimiliki. UKM diadakan bukan untuk bersenang-senang saja, namun dapat juga untuk prestasi bagi anggota UKM tersebut. Contoh beberapa UKM yang pernah mendapatkan prestasi yaitu, UKM sepak bola yang pernah menjadi juara II dan UKM Marching Band yang pernah mendapat juara III dalam sebuah turnamen.

Kegiatan belajar mengajar yang ditekuni tergantung masing-masing program studi di UPN “Veteran” Yogyakarta. Program studi Teknik Geofisika telah mewajibkan mahasiswanya mengambil 21 SKS dalam 1 semester. 21 SKS tersbut antara lain Pendidikan Agama 2, WIMAYA 2, Olah Raga 1 1, Bahasa Indonesia 2, Matematika 1 3, Fisika 1 3, Geologi Dasar 3, dan Mineralogi 2. Kelas M dan A memulai kegiatan belajar mengajar pada pukul 07.30 WIB. Jadwal harian antara lain hari Senin dan Jumat 2 mata kuliah, hari Selasa 4 mata kuliah, dan dari Kamis 1 mata kuliah. Hari Rabu kegiatan belajar mengajar di kelas tidak ada karena tidak ada mata kuliah pada hari itu. Sedangkan kegiatan perkuliahan di laboratorium untuk semester 1 belum ada karena belum ada mata kuliah yang bersangkutan.

UPN “Veteran” Yogyakarta merupakan sebuah universitas yang telah lama berdiri. Sampai saat ini, UPN “Veteran” Yogyakarta telah banyak meluluskan lulusan yang mampu berkarya di dunia kerja. Semua personil universitas harus ikut berperan dalam mewujudkan keberhasilan tersebut. Selain itu, fasilitas-fasilitas untuk menunjang keberhasilan dalam pembelajaran juga harus diperhatikan. Maka diharapkan dari pihak UPN “Veteran” Yogyakarta dapat memberikan fasilitas-fasilitas yang lebih baik, seperti ruang kelas, dosen, alat-alat, dll. Semua bertujuan untuk keberhasilan menghasilkan lulusan-lulusan yang sesuai dengan tujuan dan visi UPN “Veteran” Yogyakarta.

No comments:

Post a Comment