Monday 7 July 2014

Pendidikan Lanjut: Tali Temali

Sebagai seorang pecinta alam akan terasa semakin lengkap ilmunya jika menguasai teknik tali-temali. Bagi anggota Zero Phase, Kadang kala tali merupakan hal sangat dibutuhkan dalam berbagai kegiatan. Tali banyak digunakan baik untuk mengikat, mengangkat, ataupun menarik benda. Oleh karena itu perlu teknik dan cara yang tepat untuk melakukan tali-temali. Bentuk simpul bermacam-macam tergantung dari tujuan, penggunaan, dan efektifitasnya. Kadang kita membutuhkan simpul yangkuat namun mudah dibuka kembali, atau simpul kuat dan tidak gampang dibuka dan sebagainya.

Bagi anggota muda kegiatan belajar tali-temali sudah pernah dilakukan jauh hari sebelum menjadi anggota. Sebelum diksar ZP, angkatan V  pernah dibekali teori dan simulasi di ruang Lab Geofisika Eksplorasi. Setiap anak harus memegang tali dan membuat berbagai simpul yang diajarkan oleh seorang yang sudah trampil dalam membuat simpul. Kegiatan simulasi ini dibimbing langsung oleh Mas Arif Widayat, adalah seorang anggota mapala Wanamahe Dirgantara atau mapala Wamadika yang telah berpengalaman dan cukup menguasai  teknik tali-temali.

Dalam mempelajari tali-temali anggota Zero Phase tidak cukup hanya belajar dari teori, atau bahkan simulasi di dalam ruang lab. Sesudah menjadi anggota muda diharapkan mampu memasang tali-temali sendiri seperti untuk kegiatan rappelling  yang diadakan di Jembatan Babarsari. 


Poster Dikjut Tali Temali

No comments:

Post a Comment